Pernyataan Etika dan hak Cipta

Etika Publikasi

Pernyataan ini menegaskan etika semua pihak yang terlibat dalam publikasi artikel dalam Risalah Fisika, termasuk penulis, Ketua Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bestari, dan penerbit (Physical Society of Indonesia). Pernyataan ini berdasar pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

 

Setelah membaca pernyataan ini, penulis supaya mengunduh Pernyataan Etika Publikasi dan ditandatangani untuk dilampirkan sebagai supplementary file pada waktu mengajukan (mengunggah) artikel untuk diterbitkan dalam Risalah Fisika.

 

Petunjuk Etika Publikasi Jurnal

 

Publikasi suatu artikel merupakan bagian yang penting dalam pengembangan pengetahuan yang mencerminkan kualitas kerja penulis dan institusi yang mendukungnya, sehingga diperlukan standar etika untuk semua pihak yang terlibat dalam publikasinya: penulis, editor jurnal, mitra bestari, penerbit, dan masyarakat.

 

Physical Society of Indonesia sebagai penerbit Risalah Fisika bertanggungjawab terhadap semua tahapan publikasi dan melaksanakan etika dan kewajiban lainnya.  Penerbit memastikan bahwa iklan, cetakcuplik, atau pendapatan komersial lain tidak berpengaruh pada keputusan editor. Jika diperlukan Dewan Redaksi Risalah Fisika akan membantu berkomunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain.

 

Keputusan publikasi

 

Redaksi Jurnal Fisika bertanggungjawab dalam menentukan mana yang akan diterbitkan dari artikel yang diajukan. Kebenaran karya yang dievaluasi serta kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus ditekankan dalam pengambilan keputusan tersebut. Redaksi dipandu oleh ketentuan Dewan Redaksi dan terikat pada aturan resmi yang harus diberlakukan terkait dengan tuntutan, pelanggaran hak cipta, dan penjiplakan (plagiat). Redaksi dapat menghubungi editor lain atau mitra bestari dalam mengambil keputusan.

 

Perlakuan adil

 

Redaksi selalu mengevaluasi artikel berdasar isi ilmiahnya tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama, asal etnik, kewarganegaraan, maupun orientasi politik dari penulis.

 

Kerahasiaan

 

Redaksi dan staf redaksi tidak boleh menyampaikan informasi tentang artikel yang diajukan kepada siapapun kecuali kepada penulis terkait, mitra bestari, calon mitra bestari, penasehat redaksi, dan penerbit, sesuai dengan kepentingannya.

 

Penyingkapan dan konflik kepentingan

 

Data tak terpublikasi dalam artikel yang diajukan tidak boleh digunakan oleh redaksi tanpa ijin tertulis dari penulis.

 

Tugas Mitra Bestari

 

Membantu Keputusan Editor

 

Mitra bestari membantu redaksi dalam keputusan redaksi dan melalui komunikasi redaksi dengan penulis juga membantu penulis dalam memperbaiki makalahnya.

 

Ketepatan waktu

 

Mitra bestari terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau (review) topik artikel atau tidak akan dapat tepat waktu dalam memberikan hasil tinjauannya harus memberitahu redaksi dan mengundurkan diri dari proses tinjauan.

 

Kerahasiaan

 

Artikel yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia, yang tidak boleh didiskusikan dengan pihak lain kecuali yang diijinkan oleh redaksi.

 

Standar objektivitas

 

Tinjauan harus dilakukan secara objektif.  Kritik pribadi terhadap penulis tidak tepat untuk disampaikan. Mitra bestari harus menyampaikan pandangannya secara jelas dengan alasan yang kuat.

 

Pengakuan referensi

 

Mitra bestari harus menunjukkan publikasi terkait yang belum disebutkan oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu pengamatan, penjabaran, atau alasan yang telah dilaporkan sebelumnya harus diikuti dengan sitasi/referensi.  Mitra bestari juga harus menyampaikan kepada redaksi jika ada kesamaan atau tumpangsuh antara artikel yang ditinjau dengan publikasi lain yang diketahui oleh mitra bestari.

 

Penyingkapan dan konflik kepentingan

 

Informasi atau ide yang diperoleh dari meninjau suatu artikel harus dirahasiakan dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Mitra bestari tidak boleh mempertimbangkan artikel yang ditinjau di mana terjadi konflik kepentingan dari kompetisi, kerjasama, atau kaitan lain atau ada kaitan dengan penulis, perusahaan, atau institusi yang terkait dengan artikel.

 

Tugas Penulis

 

Standar pelaporan

 

Penulis artikel tentang penelitian asli harus menyampaikan dengan tepat kerja yang yang telah dilakukan dan diskusi objektif tentang kepentingannya.  Data harus disampaikan dengan tepat dalam makalah, makalah harus cukup detil dan cukup referensi sehingga yang lain dapat mengulang apa yang telah dilakukan. Kecurangan atau pernyataan yang tidak tepat merupakan kelakuan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Akses dan Penyimpanan Data

 

Penulis harus memberikan data terkait dengan artikel untuk tinjauan redaksi, dan harus siap memberikan akses publik terhadap data tersebut, jika dianggap praktis, dan siap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang layak setelah publikasi.

 

Keaslian dan Plagiat

 

Penulis harus memastikan bahwa yang ditulis adalah hasil karya asli, dan jika penulis menggunakan hasil karya dan/atau kata-kata/kalimat dari penulis lain harus disitasi atau dikutip dengan tepat.

 

Publikasi ganda, berlebih atau bersamaan

 

Secara umum penulis tidak boleh mempublikasikan artikel tentang penelitian yang sama pada lebih dari dari satu jurnal atau jurnal utama. Mengajukan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan tindakan publikasi yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Pengakuan referensi

 

Pengakuan referensi yang semestinya harus selalu diberikan kepada penulis lain. Penulis harus mengacu/sitasi publikasi yang berpengaruh pada hasil kerja/karya yang dilaporkan.

 

Pencatuman nama penulis

 

Pencatuman nama penulis harus terbatas pada yang memberikan sumbangan penting pada konsep, desain, pelaksanaan, atau pentafsiran hasil kerja/karya yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan sumbangan penting harus dicantumkan sebagai penulis pembantu (co-authors). Penyumbang aspek lain dari penelitian dicantumkan dalam Ucapan Terima Kasih. Penulis utama harus memastikan bahwa semua penulis pembantu yang seharusnya dimasukkan sebagai penulis makalah, dan semua penulis menyetujui versi akhir makalah dan pengajuannya untuk publikasi.

 

Bahaya terhadap subyek manusia dan binatang

 

Jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur, atau peralatan yang dapat menimbulkan bahaya dalam penggunaannya, penulis harus jelas menunjukkan hal ini pada makalah.

 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

 

Semua penulis harus mengungkapkan dalam makalah jika ada konflik kepentingan komersial atau lainnya yang dapat terpengaruh oleh hasil atau simpulan dari makalah. Semua sumber bantuan keuangan pada proyek penelitian harus diungkapkan.

 

Kesalahan mendasar dalam karya yang telah terpublikasi

 

Jika penulis menemukan kesalahan mendasar atau ketidaktepatan pada karyanya yang telah terpublikasi, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu redaksi atau penerbit jurnal dan bekerjasama dengan redaksi untuk menarik atau membetulkan makalahnya.

 

------------------------------------

 

Pramudita Anggraita

Ketua Redaksi Risalah Fisika