Penggunaan LKPD Materi Gerak Melingkar dan Parabola Berbasis Discovery Learning Terhadap Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman

Yulkifli, Ifzi Ihsan, Yenni Darvina

Sari


Abstrak – Pencapaian kompetensi peserta didik masih rendah disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya model pembelajaran yang digunakan dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)  yang digunakan tampilannya masih sederhana. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen research dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data berupa uji-t, serta uji regresi dan korelasi digunakan hanya untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan diperoleh masing-masing thitung = 2,07 dan thitung = 2,09. Nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,00. Untuk uji regresi dan korelasi pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan memberikan pengaruh masing-masing sebesar 50,41% dan 25,77%, sehingga hipotesis kerja diterima pada α = 0,05.

Kata kunci: kompetensi, model discovery learning, LKPD, gerak parabola, gerak melingkar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yulkifli, Yohandri, dan Virmani, Novita. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Tegnologi Digital. Prosiding Konapsi UNJ 12-15 Oktober 2016. ISBN 978-602-60240-0-8.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara, Jakarta 2010.

Yulkifli dan Yohandri, Pengembangan Teknologi Sensor Menjadi Alat-Alat Praktikum Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Semirata. Wilayah Barat 22-23 Mei 2016. ISBN 978-60271798-1-3.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung 2002.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta 2009.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor 2014.

Takdir, Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Diva Press, Yogyakarta 2012.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.PT Remaja Rosdakarya, Bandung 2004.

Handaka. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tuntas. Graha Pustaka, Jakarta 2016.

Sunarto Ridwan, Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Alfabeta, Bandung 2012.

Novita Virmani. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning. UNP, Padang 2016.

Yulkifli, Desain Pembuatan Alat-alat Praktikum Berbasis Teknologi Digital Sebagai Pendukung Perangkat Mata Kuliah Pengembangan Alat Laboratorium Fisika Berbasis KKNI untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika PPS UNP. Laporan Penelitian 2016.




DOI: https://doi.org/10.35895/rf.v2i1.69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks:

  

 

Bekerjasama dengan: