Systematic Literature Review (SLR): Pengembangan Asesmen Formatif untuk Mendukung Pembelajaran Fisika dalam Kerangka Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.35895/rf.v5i2.36Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis literatur mengenai pengembangan dan penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran Fisika di bawah Kerangka Kurikulum Merdeka. Pentingnya asesmen formatif ditekankan dalam Kurikulum Merdeka untuk memantau perkembangan siswa, memberikan umpan balik, dan menyesuaikan strategi pembelajaran guna meningkatkan pemahaman mendalam, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan literasi sains dalam Fisika, meskipun implementasinya menghadapi tantangan. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis temuan dari studi-studi relevan. Data diperoleh dari Google Scholar dan Emerald Journal, dengan fokus pada 10 artikel yang diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2025. Proses seleksi literatur didokumentasikan menggunakan Diagram Alir PRISMA. Tinjauan ini diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif dan landasan bagi praktik asesmen formatif yang efektif dalam pembelajaran Fisika sesuai Kurikulum Merdeka.
References
Aulia, D.M., Parno, P., & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1). 7-12. https://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/16404.
Aulia, D.M., Parno, P., & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1). 7-12. https://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/16404.
Dewi, A. P., Efendi, R., & Sasmita, D. (2021). Efektivitas Integrasi Asesmen Formatif Feedback dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 1-5. http://103.242.233.34/index.php/jpf/article/view/19513.
Febrianti, S. (2024). Sustainability Finance dan Green Investment: Literature Review dengan Metode Prisma. Jurnal Ekonomi, 6(1). 95-106. https://doi.org/10.36985/pmyj1709.
Harri, C. P. (2023). Persepsi Guru Fisika Tentang Assesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMA di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 8(1), 2808-4241. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/28750.
Kemendikbud. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Kemendikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/service/download.php?kategori=rujukan&id=103.
Komariah, R. S. (2025). Kajian Sistematik Review Penggunaan E-Modul Interaktif. Skripsi. Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Bandar Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/37013/.
Lubis, A. F. (2025). Kendala Guru Fisika dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMAN Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. 9(1). 2808-4241. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/29344.
Lubis, D. M., Adrianto, I., & Azizi, M. F. (2024). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Desmos Berbasisi Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas IX SMP Swasta UTama Medan pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal PEndidikan Matermatika dan IPA, 4(4). 655-663. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4j4.844.
Ningsari, I. S., Zainuddin, A., & Setyarsih, W. (2021). Kajian Literatur Instrumen Isomorfik Sebagai Asesmen Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1). 54-64. http://dx.doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4407.
Mulvia, R., Ulfa, S., & Ady, W. N., (2021). Rasch Model: Identifikasi Kemampuan Habits of Mind Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(1),15-23. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jpif/article/view/1258.
Mulyaningsih, A. S., & Wisesa, P. M., (2024). Analisis Kurikulum Merdeka dari Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Growth Mindset Carol Dweck. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). 28-39. https://doi.org/10./1058326/JMA.vli1.243.
Ramadhani, D. P. (2021). Analisis Penerapan Asesmen Formatif dalam Pembelajaran IPA dan Fisika : Literature Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2). 110-120. http://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/172.
Salsabila, F. T., Nasbey, H., & Fitri, U. R. (2024). Bahan Ajar Hukum Gerak Newton Strategi Peer Instruction Berbantu Nearpod. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 12(1). 275-282. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF40.
Wahyuni, R., Linggarsari, M. N., Zulfarina,. dkk. (2024). Pendampingan Guru dalam Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka di Kota Dumai. Jurnal Masyarakat Mandiri. 8(3). 2484-2494. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/21505.
Yumna, A., Budi, A. S., Fitri, U. R. (2025). Studi Pendahuluan Kelayakan Instrumen Asesmen Formatif Materi Pengukuran Kelas X Berbasis Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 13(1). 6-11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/52620 .